KPU Kota Balikpapan Lantik 102 Petugas PPS Kelurahan

0
107

Balikpapan, Penasatu.com – Setelah melalui proses tahapan seleksi melalui tes tertulis dan wawancara. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan akhirnya melantik 102 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Pelantikan petugas PPS yang berlangsung di Ballroom Hotel Horizon Sagita, Jln Mayjend Sutoyo (Gunung Malang), Balikpapan Kota dilaksanakan langsung oleh Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dan dihadiri Walikota Balikpapan H Rahmad Mas’ud SE, Selasa (24/1/2023).

Dihadapan awak media, Noor Thoha mengatakan setelah lantik seluruh petugas PPS akan diberikan orientasi tugas. Dimana setelahnya petugas PPS akan langsung bekerja membentuk sekretariat di tingkat Kelurahan dan mengusulkan Tiga Nama untuk dikukuhkan di sekretariat PPS, selanjutnya petugas PPS akan membentuk Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Thoha menambahkan, berdasarkan aturan PPS dilantik masa kerja petugas PPS yakni 8 bulan, akan tetapi pada Pemilu kali ini ada aturan khusus, dimana petugas PPS dilantik dibulan Januari. Sementara Pemilu di bulan Februari 2024, artinya masa kerjanya panjang.

Tak sampai disitu, petugas PPS ini nantinya akan di evaluasi, apakah akan dikukuhkan kembali pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau akan dibentuk yang baru.

“Yang jelas petugas PPS ini untuk pelaksanaan Pemilu, bukan Pilkada,” pungkas Thoha.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here