KPU akan Sosialisasi di Sekolah Agar Pelajar Bersih dari Politik Uang

0
139

Syabrani Sekretaris KPU Kota Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun depan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) akan dilaksanakan pada 23 September 2020.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan telah melakukan segala persiapan demi suksesnya pesta demokrasi lima tahun sekali tersebut, seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah dalam waktu dekat.

“Ya, KPU akan mendatangi 20 sekolah yang ada di Balikpapan,” kata Sekretaris KPU Balikpapan Syabrani, “hal tersebut sebagai bentuk sosialisasi KPU Balikpapan untuk memberitahukan kepada pelajar yang kebetulan pada tahun depan memiliki hak pilih pada pilkada 2020.”

Alex, sapaan karib Syabrani, untuk waktu pelaksanaannya saat ini masih dibahas, kemungkinan dimulai sejak bulan Desember 2019. Tapi sosialisasi yang dilakukan ke sekolah tidak mesti dilakukan setiap hari, mengingat KPU Balikpapan juga harus menyesuaikan jadwal yang dimiliki dari pihak sekolah yang akan dikunjungi.

“Juga harus menyesuaikan jadwal yang dimiliki KPU Balikpapan, apabila pihak sekolah siap dan KPU Balikpapan siap, maka kunjungan tersebut baru akan dilakukan. Disamping itu, tahapan sosialisasi yang dilakukan ke sekolah memang waktunya cukup panjang, dan dipastikan akan berlangsung sampai September 2020,” tuturnya.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan KPU Balikpapan sebagai bentuk untuk mengingatkan kepada pelajar bahwa akan ada Pilkada di tahun depan.

KPU Balikpapan juga akan mensosialisakan kepada pelajar agar menghindari yang namanya Politik Uang (Money Politic). “Ya, agar Pilkada 2020 mendatang yang dilaksanakan di Kota Balikpapan, bisa benar-benar bersih dari yang namanya politik uang dan para pemilih baru juga paham tentang tata cara pencoblosan yang benar,” tutup Alex.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here