Komisi II akan Panggil Setiap OPD Penghasil PAD

0
91

Mieke Henny Wakil Ketua Komisi II DPRD Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Imbas dari lesunya sektor pertambangan yang selama ini menjadi penyumbang terbesar terhadap pendapatan, di samping pajak dan lainnya untuk Kota Balikpapan, menyebabkan pertumbuhan perekonomian dalam dua tahun terakhir belum seperti yang diharapkan.

“Meski secara umum target peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun 2019 lalu tercapai melebihi target,” kata Mieke Henny Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Balikpapan, Jumat (3/1/2020).

Mieke menyebutkan, evaluasi dalam menginventarisasi sejumlah peraturan daerah (perda) harus dilakukan dalam waktu dekat guna peningkatan potensi PAD di tahun 2020, sebagai tindak lanjut laporan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Balikpapan.

“Saat ini masih terdapat tunggakan retribusi dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum diselesaikan. Masih ada beberapa OPD yang pajaknya berbentuk piutang yang dimasukan sebagai PAD, pastinya dalam waktu dekat kami (Komisi II) akan panggil setiap OPD penghasil PAD untuk dibicarakan lebih lanjut,” tegas Mieke.

Pentingnya evaluasi dilakukan sebagai bentuk untuk melihat kekurangan dalam pelaksanaan di lapangan yang dilakukan OPD termasuk melakukan penyesuaian dengan kondisi saat ini.

Agar dapat diketahui kendala seperti apa yang dihadapi dalam memaksimalkan sumber pendapatan yang nantinya digunakan untuk pembangunan Kota Balikpapan.

Banyak hal yang saat ini Komisi II soroti, diantaranya retribusi parkir, pajak hotel, restoran dan lainnya.

“Ke depan kami ingin tahu kendalanya seperti apa yang dihadapi, kemudian langkah apa yang harus diambil untuk menyelesaikan kendala tersebut.”

Politikus perempuan Partai Demokrat itu menyebutkan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak termasuk Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), sebagai alat kelengkapan dewan yang membidangi peraturan daerah. Hal itu dilakukan agar terbangun sinergi antara dewan dan pemerintah daerah sehingga pada akhirnya mampu memberikan peningkatan pemasukan daerah.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here