Kelurahan Labuan Bajo Gelar Sosialisasi Rumah Swadaya Dukung KSPN

0
30

Kompak, Sosialisasi Fasilitas Rumah Swadaya Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Kelurahan Labuan Bajo Manggarai Barat.

Reporter : Alfonsius Andi

Penasatu.com-Manggarai Barat.NTT-Pemerintah Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Laksanakan Sosialisasi Fasilitas Rumah Swadaya Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Jumaat,(18/09/20), di Aula Kelurahan Labuan Bajo.

Dalam elaksanaan sosialisasi Lurah Labuan Bajo, Sarifuddin Malik,S.ST, berkordinasi dengan Bupati Manggarai Barat, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Manggarai barat serta Kecamatan Komodo.

Sebelum dimulainya kegiatan Sosialisasi pelaksanaan Program KSPN, Lurah Labuan Bajo Sarifuddin Malik,S.ST, menyapa dan menyambut kedatangan calon penerima Fasilitas Rumah Swadaya, sekaligus menyambut kedatangan dari Tim KSPN, PUPR dan Dinas Perumahan Rakyat, selain itu juga turut hadir Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Labuan Bajo.

Kepada Media Penasatu.com,Jum’at (18/09/2020), Sarifuddin Malik,S.ST menjelaskan, Kelurahan Labuan Bajo menerima bantuan Rumah Swadaya Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), sebanyak 172 rumah. Lanjutnya masyarakat yang mendapatkan bantuan rumah sawadaya ini, bersedia untuk direnovasi seperti yang disampaikan oleh pemerintah harus paham apa dan bagaimana tujuannya. Harus ada kerja sama antara penerima bantuan dengan pihak pemerintah sebagai pemberi bantuan demi kelancaran pelaksanaan sosialisasi fasilitas rumah swadaya mendukung Kawasan KSPN, Terangnya.

Pantauan media Penasatu.com “Dinas PU Kabupaten Manggarai Barat, turut hadir dalam Kordinator Arsitek dan Tenaga Ahli, Serta dari Bidang Pemberdayaan, Arsitek dan Sipil.

Tenaga ahli sipil dari Dinas PUPR Kabupaten Manggarai Barat, Yohanes A.R. Sakawatu,ST menyampaikan, kami akan selalu berkomunikasi dan koordinasi dengan pihak pemerintah kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, demi terlaksananya pembangunan KSPN dengan baik.

Sementara kordinator tenaga ahli dari Dinas PUPR Kabupaten Manggarai Barat, I Gusti Made Gandi,ST menyampaikan, mengenai bantuan rumah swadaya ini bertujuan untuk mendukung KSPN, karena dari 10 Destinasi Wisata yang ada di Indonesia, hanya Labuan Bajo yang ditetapkan oleh Presiden sebagai Kota Pariwisata Super Premium.

Lanjut Gandi, mari kita bersama-sama mendukung pemerintah untuk kelangsungan dan kelancaran dalam pelaksanaan rumah swadaya untuk Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Labuan Bajo, Pungkasnya.

Selain itu surat kepemilikan tanah harus jelas agar dalam pelaksanaan kegiatan tidak ada masalah apapun, yang akan mengganggu jalannya kegiatan.
Jumlah Dana yang akan disiapkan oleh Pemerintah maksimal Rp.115 juta dan minimal Rp.90 juta untuk 172 Rumah.

Dan tenaga ahli pendamping Pemberdayaan PUPR, Januario Djami Bara,ST mengatakan, bantuan dari KSPN bertujuan untuk peningkatan Pariwisata Nasional dan pengembangan daerah, dan KSPN Labuan Bajo ditetapkan sebagai kota pariwisata super premium.Dan Rumah layak huni yang akan dibangun dan dapat digunakan sebagai tempat usaha yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi dan kenyamanan untuk bisa ditempatkan, jelasnya.*

editoe :penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here