Kasus Positif Covid-19 Di Balikpapan Melonjak, Parlindungan : Tingkat Kepatuhan Masyarakat Terhadap Prokes Masih Kurang

0
81 views

Balikpapan, Penasatu.com – Melonjaknya angka terkonfirmasi positif covid-19 dikota Balikpapan tentunya menjadi perhatian serius Pemerintah Kota (Pemkot) khususnya Gugus Tugas Covid-19 kota Balikpapan.

Bahkan, kemarin angka terkonfirmasi positif covid-19 di kota minyak tembus diangka 211 orang.

Menyikapi hal tersebut anggota Komisi IV DPRD Balikpapan Parlindungan Sihotang menilai ada beberapa faktor yang menyebabkan kasus positif di Balikpapan menjadi meningkat salah satunya kepatuhan dari masyarakat Balikpapan itu sendiri.

Politikus Nasdem tersebut menilai, kepatuhan masyarakat kota Balikpapan masih kurang, pasalnya masih banyak masyarakat yang berkumpul di cafe-cafe tanpa menggunakan masker hingga larut malam.

Disinggung mengenai kinerja Gugus Tugas di Balikpapan sendiri, Parlin menjelaskan jika kinerja gugus tugas itu sendiri kewenangannya ada pada Presiden langsung, sementara DPRD hanya bisa memberikan evaluasi, rekomendasi terkait perkembangan kasus covid maupun kinerja dari gugus tugas.

Parlin menambahkan, peraturan yang dikeluarkan pemkot Balikpapan untuk menekan lajunya penyebaran covid-19 di Balikpapan sudah baik, terlebih Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga ketingkat RT.

Hanya saja, memang tingkat kepatuhan masyarakat Balikpapan tentang Protokol Kesehatan (Prokes) sangat kurang.

Seperti contoh, surat edaran PPKM yang membatasi hingga jam 8 malam. Namun kenyataannya masih banyak yang melanggar itu semua.

“Pada saat ada razia dari gugus tugas, mereka tutup, akan tetapi setelah razia selesai dan pergi, mereka kembali buka. Ini yang menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnya kasus covid-19 di Balikpapan,” pungkasnya.(*/gas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here