Ibadah Haji dan Umroh Masih Menunggu Regulasi Dari Menteri Agama

0
4 views

Balikpapan, Penasatu.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan sebelumnya menjadwalkan keberangkatan jamaah haji akan dilaksanakan pada bulan November ini.

Hanya saja, kepastian keberangkatan jamaah haji kota Balikpapan masih menunggu kabar dari Kementerian Agama pusat.

“Saat ini Menteri Agama (Menag) tengah berada di Arab Saudi guna persiapan pelaksanaan ibadah haji di Indonesia. Mudah-mudahan pulang membawa kabar baik,” ucap Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan H Johan Marpaung, Kamis (25/11/2021).

Lebih lanjut, Johan mengatakan sebelumnya jenis vaksin Sinovac tidak diperkenankan untuk digunakan untuk jamaah haji yang ingin berangkat, akan tetapi saat ini informasi yang diterimanya vaksin Sinovac dapat digunakan hanya saja harus dilakukan vaksinasi ketiganya atau Booster.

“Informasinya kalau vaksinnya Sinovac bisa ditambah lagi untuk yang Boosternya, tapi kita belum terima keputusannya, nanti kita sampaikan,” ujarnya.

Terkait biaya tambahan untuk pelaksanaan ibadah haji atau umroh, Johan mengatakan itu nantinya yang membayar jamaah itu sendiri dan pihak travel yang mengurus, kalau kondisinya nanti jamaah yang berangkat ada yang menjalani karantina.

Johan menambahkan saat ini yang kita tunggu adalah regulasi tentang pelaksanaan ibadah haji dan umrohnya saja, kalau untuk akomodasinya sudah siap termasuk salah satunya Embarkasi Haji.

Johan menyebut, selama pandemi terdapat 15 ribu jamaah haji yang tertunda keberangkatannya. Dimana setiap tahunnya Balikpapan mendapatkan jatah keberangkatan sebanyak 530 jamaah.

“Karena tertunda akibat pandemi jadi yang kita berangkatkan nanti yang 530 jamaah yang seharusnya berangkat ditahun 2020 kemarin, kemudian menyusul kembali yang keberangkatannya ditahun 2021 ini,” ungkapnya.

“Ditahun 2019, daftar tunggu jamaah haji dikota Balikpapan mencapai 14.500 lebih jamaah, sampai detik ini masyarakat yang ingin berangkat haji terus bertambah,” tutupnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here