Harga Minyak Naik, Daya Beli Warga Tetap Stabil

0
105 views

Balikpapan, Penasatu.com – Dalam sebulan terakhir harga minyak di sejumlah pasar mengalami lonjakan. Bahkan harga minyak saat ini di pasaran mengalami kenaikan mencapai 2 kali lipat dari harga biasanya.

“Naik mas..sudah beberapa minggu terakhir ini harga minyak naik, bukan naik 1000 rupiah atau 2000 rupiah, tapi sudah 2 kali lipat dari harga per liter biasanya,” ucap Putra salah satu pedangang di Pasar Klandasan, Jln Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota (Balkot), Kamis (2/12/2021).

Putra menambahkan semula harga minyak per liternya berkisar diharga Rp 12 ribuan, namun saat ini harga minyak goreng dipasaran mencapai Rp 40 ribu per 2 liternya.

“Sekarang 2 liter aja sudah mencapai harga 40 ribu, sebelumnya per 1 liter cuma 12 rb mas,” katanya.

“Kenaikan harga minyak goreng sudah sebulan kalau tidak salah,” tambahnya.

Ternyata kenaikan harga minyak turut dibenarkan oleh pedagang lainnya bernama Samsul. Dirinya terpaksa harus menjual minyak goreng dengan harga tinggi kepada pembeli, dikarekan harga dari distributor sudah memang mengalami kenaikan.

“Sudah hampir sebulan. Per liter Rp 20 ribu. Awalnya Rp 12 ribu, dengan harga segini saya hanya memperoleh keuntungan cuma Rp 1000 saja,” akunya.

Ia mengatakan, saat ini banyak distributor minyak goreng yang memiliki stok, sehingga mempengaruhi kenaikan harga.

“Paling murah harganya Rp 20 ribu per liter, karena barang-barangnya kosong, sehingga banyak agen yang tidak menjual,” ungkapnya.

Samsul menambahkan, kenaikan minyak goreng diikuti juga beberapa bahan pokok lainnya yang mengalami kenaikan, seperti Mentega yang semula Rp. 150 ribu per kardus ukuran 15 Kg, kini naik menjadi Rp 185 rb per kardusnya.

Lanjut dikatakannya, meskipun harga beberpa bahan mengalami kenaikan, namun tidak mempengaruhi daya beli masyarakat, sehingga untuk membeli dari distributor meskipun harganya tinggi, tetap akan dibelinya.

“Daya beli masyarakat masih tetap sama, meskipun ada kenaikan, jadi meskipun harganya naik, melihat daya beli masyarakat tetap sama seperti ini, kita juga tetap berani beli kepada pihak distributor,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here