DPRD Sidak Sekolah yang akan Direlokasi di Kariangau

0
161

Rombongan anggota komisi IV DPRD Balikpapan foto bersama para guru SD 021 Kariangau

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Komisi IV DPRD Kota Balikpapan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi Sekolah Dasar (SD) 021 dan SMPN 21, Kariangau, Balikpapan Barat. Oleh Pemerintah Kota (Pemkot) kedua sekolah tersebut akan direlokasi atau tukar guling bangunan.

Sidak dipimpin langsung Ketua Komisi IV Muhammad Taqwa serta beberapa anggota Komisi IV lainnya, Selasa (4/2/2020).

“Kami melakukan sidak ingin memastikan proses yang nantinya akan dilakukan oleh pemkot dengan pihak perusahaan terkait rencana tukar guling untuk pemindahan sekolah ke lokasi lain, apakah memang sudah sepantasnya dilakukan tukar guling tersebut,” ujar Taqwa, usai melihat kondisi bangunan kedua sekolah tersebut.

Namun setelah melihat, mendalami dan berbicara dengan kepala sekolah serta masyarakat, ternyata memang pihak perusahaan ada menawarkan konsep pemindahan apabila masyarakat dan siswa memang merasa terganggu dengan kondisi dan keadaan sekolah yang memang berbatasan langsung dengan perusahaan.

“Tentunya ada dampak yang dirasakan baik itu polusi udara, polusi suara yang disebabkan aktivitas perusahaan.”

Setelah melihat kondisi lahan sekolah dan lahan yang ditawarkan perusahaan ternyata berbanding lurus.

Taqwa berharap proses tersebut nantinya dapat berjalan dengan baik secara administrasi dan secara hukum, sehingga tidak ada yang dirugikan.

Pemindahan bagunan sekolah semata-mata untuk kepentingan masyarakat sehingga pelayanan pendidikan dapat terlayani dengan baik.

Adapun luas area sekolah yang ada saat ini seluas 2 hektar yang terbagi menjadi dua, yaitu satu hektar bangunan SDN 21 dan satu hektar bangunan SMPN 21.

Informasi awal yang didapat DPRD Balikpapan bahwa saat ini perusahaan telah menyiapkan 2.5 hektar lahan berikut dengan bangunannya.

“Itu baru informasi awal dan nantinya akan didalami lebih lanjut lokasi mana yang akan disiapkan pihak perusahaan”.

Tentunya diharapkan setelah dipindah akan menjadi lebih baik dari sisi kualitas pendidikannya, infrastruktur dan keamanannya.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here