DPRD Balikpapan Gelar Sidang Paripurna Tentang Pandangan Fraksi Terkait RPJMD Walikota

0
9 views

Balikpapan, Penasatu.com – DPRD Kota Balikpapan kembali melaksanakan sidang paripurna terkait penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Balikpapan terhadap nota penjelasan walikota Balikpapan atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.

Sidang paripurna yang berlangsung diruang rapat gabungan, kantor DPRD Balikpapan, Jln Jenderal Sudirman, Klandasan Ilir, Balikpapan Kota (Balkot), Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (11/10/2021) dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono didampingi Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle SS dan 23 anggota DPRD Balikpapan.

Adapun pemandangan umum Fraksi Golkar yang disampaikan anggota DPRD Balikpapan Nelly Turuallo SE dimana fraksi Golkar sangat mendukung sejumlah program kerja Walikota Balikpapan.

Dimana salah satu yang saat ini berjalan yakni pemberian subsidi iuran BPJS Kesehatan kelas III gratis dan Subsidi SPP bagi Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan SMP/MTs dan pemasangan air bersih bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Fraksi Golkar meminta program MBR perlu adanya pengawasan yang ketat, sehingga program tersebut tepat sasaran, jangan sampai warga yang seharusnya berhak menikmati, malah tidak menikmati program tersebut.

Sementara pemandangan umum Fraksi PDI Perjuangan yang disampaikan Suwanto meminta agar pemerintah membangun sarana dan prasara pendidikan dikota Balikpapan. Pasalnya setiap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) setiap tahun terjadi kesenjangan antara siswa yang lulus sekolah dengan siswa yang baru masuk sekolah.

fraksi PDI Perjuangan juga meminta agar pemerintah kota segera membangun infrastruktur jalan, mengingat kondisi jalan yang sudah tidak memadai, sehingga tidak menimbulkan kemecatan baru dikota Balikpapan.

Selain itu, fraksi PDI Perjuangan juga menilai penanganan banjir dikota Balikpapan saat ini masih belum berjalan. Pasalnya penanganan banjir yang dicanangkan Walikota Balikpapan masih jalan di tempat.

Fraksi Gerindra sangat mengapresiasi kinerja tenaga medis yang sudah terus berjuang dalam menangani pasien covid-19, selain itu Fraksi Gerindra juga mengapresiasi kinerja Gugus Tugas Covid-19 kota Balikpapan yang terus berjuang sehingga kasus positif di Balikpapan terus menurun, mengingat tingkat kesadaran dan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Selain itu, fraksi Gerindra menilai RPJMD Walikota Balikpapan sudah berada pada jalur yang benar, sesuai dengan aturan yang berlaku, bahkan fraksi Gerindra juga meminta agar 5 Tahun kedepan Balikpapan menjadi kota yang unggul baik dari bidang Industri, Pariwisata dan lainnya.

Fraksi Gerindra juga mendorong agar pemerintah kota (Pemkot) bisa menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan, mengingat Balikpapan akan menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Sementara, Fraksi PKS yang disampaikan H Laisa Hamisa meminta dalam peningkatan SDM di bidang Kesehatan dan Pendidikan meminta agar pemerintah membuka lowongan bagi tenaga kesehatan di Balikpapan, sedangkan untuk pendidikan fraksi PKS meminta pemerintah kota dapat memberikan insentif bagi guru yang bekerja di sekolah  non formal lainnya, seperti PAUD salah satunya guru Tahfiz.

Fraksi Demokrat menyoroti Perumda Tirta Manuntung, dimana Fraksi Demokrat meminta kepada Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Manuntung untuk fokus kepada penyambungan baru khususnya di wilayah-wilayah yang masih minim merasakan air bersih.

Selain itu, Fraksi Demokrat yang dibacakan Mieke Henny menyoroti penggunaan bahan chemical yang dinilai tidak menambah kualitas air bersih yang ada saat ini.

Fraksi Partai Gabungan (Nasdem, Hanura PPP dan Perindo ) yang dibacakan Simon Sulean menyampaikan dimana fraksi gabungan mendukung pemerintah kota Balikpapan yang memadukan Empat mekanisme perencanaan yang disampaikan walikota Balikpapan.

Selain itu, Fraksi Gabungan menilai penyusunan RPJMD agar bisa dibahas lebih detail lagi kepada fraksi-fraksi sebelum pada akhirnya dibahas pada sidang paripurna.(*/gas)







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here