DKB Kota Balikpapan Kembali Gelar BMAF II Tahun 2022, Akan Diikuti Peserta Dari Negara Lain

0
93

Balikpapan, Penasatu.com – Meski sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi covid-19. Dewan Kesenian Balikpapan (DKB) akhirnya kembali menggelar Balikpapan Manuntung Art Festival II Tahun 2022 yang akan berlangsung di BSCC Dome, Jln Ruhui Rahayu, mulai tanggal 20 hingga 22 Desember mendatang.

Melalui keterangan resminya, Kamis (8/12/2022). Ketua DKB Kota Balikpapan H Karmin Laonggeng didampingi Sekretarisnya Yudi Valen menuturkan BMAF 2022 akan berbeda dari pelaksanaan sebelumnya ditahun 2019 lalu. Dimana, nantinya dalam pagelaran BMAF 2022 ini akan diikuti oleh negara lain

“Ya.. tujuan kita agar kesenian dan kebudayaan kota Balikpapan bisa dikenal, bukan hanya di Nusantara itu sendiri, melainkan bisa Go Internasional,” katanya.

“Ditahun ini BMAF II 2022 akan diikuti bukan hanya peserta dari daerah yang ada di Kaltim atau Indonesia saja, melainkan peserta dari luar negeri juga akan hadir untuk meramaikan BMAF II tahun ini,” sambungnya.

“Meskipun terdapat peserta dari luar negeri. BMAF II 2022 ini akan tetap mempertahankan kearifan lokal yang ada,” ujarnya.

Kita berharap tamu-tamu dalam kegiatan ini, khususnya peserta dari negara lain bisa berpartisipasi dan menampilkan seni budayanya melalui pertunjukan eksebisi agar kita dikenal oleh negara lain,” tuturnya.

Sementara itu, Yudi Valen menambahkan di BMAF II 2022 ini serangkaian kegiatan akan dilaksanakan nantinya, seperti festival tari daerah kreasi Nusantara se-Indonesia, festival musikalisasi puisi se-Indonesia, parade seni budaya dan ekstrakurikuler sekolah, parade band dan sampeq community Kota Balikpapan dan artis Ibu Kota.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga akan dilaksanakan pameran UMKM dan UMK Kuliner Nusantara, Kuliner Kekinian, aneka jajanan. Parade baca puisi dan pantun yang akan dibawakan pejabat serta tokoh masyarakat Kaltim.

Lanjut Yudi, keikutsertaan peserta dari Negera lain tentunya menjadi momen yang baik untuk kota Balikpapan. Disamping bisa mengenalkan kebudayaan yang ada di Indonesia, selain itu juga bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Balikpapan.

Ia menambahkan, saat ini peserta dari negara lain yang sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir yakni dari Selangor, Malaysia. Tak hanya dari Selangor saja, Serawak, Penang Sabah pun siap hadir di Balikpapan.

“Bukan hanya negara tetangga saja yang siap hadir, tapi Mexico, Sri Lanka, Jepang, Thailand dan Philipina mereka siap hadir, asalkan segera dikirimkan undangannya,” tutup Yudi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here