Cegah Tambang Ilegal Terulang Kembali, Pemkot Bentuk Tim Khusus Pengawas Perbatasan Balikpapan

0
10 views

Balikpapan, Penasatu.com – Guna mencegah terulangnya kembali penambangan ilegal seperti yang terjadi baru-baru ini di Kilometer 25, Karang Joang, Balikpapan Utara (Balut).

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan membentuk tim khusus untuk mengawasi perbatasan kota Balikpapan. Yang mana Balikpapan memang menjadi salah satu kota yang bebas dari adanya tambang batubara.

Diruang kerjanya, Selasa (23/11/2021). Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan pembentukan tim dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kembali penambangan batubara ilegal dikota Balikpapan.

Dikatakannya, pengawasan area-area yang dikenal rawan terjadinya penambangan ilegal tentunya membutuhkan kendaraan khusus yang mampu melewati medan sulit dilapangan.

Pasalnya, pengewasan di area-area perbatasan tentunya tidak mungkin menggunakan mobil atau motor yang dipergunakan sehari-hari, pastinya harus kendaraan khusus.

“Saya melihatnya untuk pengawasan di perbatasan harus melibatkan Tim, misalnya Kecamatan, pengawasannya harus melibatkan Forkopimcam atau bisa juga RT dilibatkan,” ujarnya.

“Untuk mengakses wilayah perbatasan juga perlu mobil khusus yang bisa melewati jalan sulit, Karena kalau pakai mobil atau motor yang biasa saja, pasti tidak akan bisa,” tambahnya.

Zulkifli mengatakan semua instruksi yang disampaikan Walikota Balikpapan H Rahmad Mas’ud sudah dijalankan dirinya yakni dengan mengentikan akitvitas tambang tersebut.

Sementara, untuk proses hukumnya saat ini sudah berjalan, bahkan Zulkifli menilai proses hukum yang dilakukan Polresta Balikpapan begitu cepat dan sudah menetapkan tersangkanya.

“Inilah bentuk keseriusan pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan, bahwa di Balikpapan memang sudah jelas tertuang didalam Perda dan Perwali nya, kalau Balikpapan tidak diperbolehkan adanya penambangan,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here