Bapemperda DPRD Balikpapan Tuntaskan 9 Raperda, Ada 5 Raperda Dicover Menjadi 1 Perda

0
102

Balikpapan, Penasatu.com – Sepanjang tahun 2022. Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) sudah menuntaskan sebanyak 9 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dan disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), Rabu (23/11/2022).

Ketua Bapemperda DPRD Kota Balikpapan, Andi Arif Agung menuturkan saat ini ada Perda yang sudah di Omnibuslaw kan, dimana dari 5 Perda sudah digabungkan kedalam satu Perda yakni Perda Pajak dan Retribusi.

“Sebelumnya Perda ini berdiri sendiri dan masing-masih terbentuk dalam sat Perda. Dengan adanya Omnibuslaw, maka Perda tersebut digabung kedalam satu Perda,” ungkapnya.

Politikus Golkar yang karib disapa A3 ini pun mengatakan, bahwa seharusnya Perda tersebut sudah masuk kedalam tahapan evaluasi dari Gubernur Kaltim.

Tapi menurut informasi, karena Perda ini berhubungan dengan pajak dan retribusi daerah, maka harus di evaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebab itulah progres ditahun 2022 ini kesannya kurang maksimal, tapi karena ada 5 Perda yang sudah di cover menjadi satu, sebenarnya pencapaian kinerjanya kurang lebih sama seperti tahun sebelumnya.

“Ya..memang kesannya tidak maksimal, tapi karena ada 5 Perda yang di cover jadi satu Perda, maka pencapaiannya sama seperti tahun sebelumnya,” tutup A3.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here