Aplikasi “SIJANTAN” Dari Dinas PU, Permudah Pendataan Jalan dan Jembatan di Balikpapan

0
91

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Guna memudahkan masyarakat dalam menyampaikan informasi atau laporan tentang pembangunan kota, khususnya pendataan tentang kondisi jalan dan jembatan di Balikpapan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Balikpapan menggelar sosialisasi dan pelatihan aplikasi “SIJANTAN” (Sistem Informasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan), Jumat (08/05/2020).

Sosialisasi dan pelatihan Aplikasi “SIJANTAN” ini dilaksanakan di aula Kelurahan Sepinggan Baru Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan, dihadiri Lurah Sepinggan Baru, staf kelurahan, sejumlah Ketua RT, perwakilan Satlantas Polresta Balikpapan serta lainnya.

Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PU Balikpapan, Rahmatullah mengatakan, disosialisasikan aplikasi “SIJANTAN” ini bertujuan untuk mempermudah pendataan, inventarisasi data jalan dan jembatan di Balikpapan yang mengalami kerusakan atau perlu mendapat perhatian dari Dinas PU Balikpapan.

“Aplikasi “SIJANTAN” ini untuk mempermudah pendataan dan inventarisasi jalan dan jembatan di Balikpapan yang rusak dan perlu segera ditangani,” kata Rahmatullah.

Melalui aplikasi ini, tambah Rahmat, demikian dia akrab disapa, penanganan jalan dan jembatan yang rusak dan perlu perbaikan dapat segera dilakukan. Hal ini berbeda dari sebelumnya yang dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Dengan menggunakan teknologi digital ini, kita bisa mendapatkan informasi langsung dari masyarakat agar bisa segera ditindaklanjuti,” tambahnya.

Menurut Rahmat, sosialisasi aplikasi “SIJANTAN” ini baru dilakukan di sejumlah kelurahan di Balikpapan Selatan, mengingat kondisi jalan dan jembatan di wilayah ini masih perlu mendapatkan perhatian.

Pihaknya berharap, sosialisasi dan pelatihan aplikasi “SIJANTAN” ini bisa dilaksanakan di seluruh kelurahan se-kecamatan Balikpapan. Pandemi Covid-19 menjadi salah satu hambatan Dinas PU Balikpapan dalam penyampaian sosialisasi dan pelatihan aplikasi “SIJANTAN” ini, karena adanya aturan jaga jarak untuk menghindari terpaparnya virus Corona.

Sosialisasi dan pelatihan aplikasi Sijantan yang digelar Dinas PU Balikpapan mendapat tanggapan positif dari Lurah Sepinggan Baru, Kaharudin beserta seluruh staf.

Menurut Kaharudin, adanya aplikasi “SIJANTAN” tentunya dapat membantu masyarakat dan Dinas PU Balikpapan, khususnya dalam pendataan dan penanganan jalan dan jembatan.

“Selama ini, masyarakat menyampaikan laporan tentang kondisi jalan dan jembatan di Balikpapan, khususnya yang harus mendapatkan penanganan segera, prosesnya cukup lama. Dengan adanya aplikasi ini, penanganan bisa segera diketahui dan ditangani oleh Dinas PU,” kata Kaharudin.

“Semoga dengan aplikasi ini masyarakat dapat dipermudah lagi dalam menyampaikan laporan tentang kondisi jalan dan jembatan yang ada di lingkungan masing-masing,” tutup Kaharudin.

Waratwan : Pon/eds.

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here